Outbond di Wulubung Hill Kaliurang


Sepekan setelah penilaian akhir semester (PAS) dilaksanakan, tepatnya hari Selasa (13/12) SMP IT Masjid Syuhada mengadakan kegiatan outbond. Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan SMP IT Masjid Syuhada yang dilaksanakan sebagai bentuk refreshing bagi siswa setelah sepekan sebelumnya berkutat dengan penilaian akhir semester.

Kegiatan outbond kali ini dilaksanakan di Wulubung Hills, jalan Malangyudo, Kaliurang Timur, Sleman. Kegiatan tersebut diikuti oleh 169 siswa kelas VII-IX dan 26 guru pendamping. Rombongan peserta outbond bertolak dari sekolah sekitar pukul 07.30 menuju lokasi dengan menggunakan 6 armada bus.

Selama kegiatan outbond berlangsung, para siswa dibagi menjadi 4 kelompok putra, dan 3 kelompok putri. Masing-masing kelompok diharuskan menyelesaikan berbagai misi permainan. Bapak Ibu guru pendamping juga ikut membuat kelompok sendiri dan mencoba berbagai wahana outbond yang disediakan di sana.

Meski dikemas dalam bentuk permainan, kegiatan outbond tidak melulu bersifat having fun atau sekedar bersenang-senang tanpa makna. Dalam kegiatan tersebut, semua peserta diharuskan mentaati sejumlah peraturan tertentu dan menyelesaikan berbagai misi dalam setiap permainan.

Jenis-jenis permainan yang ditawarkan dalam kegiatan outbond kali ini antara lain Blind Ball, Jangka Racing, Dragon Tail, Trust Fall Net, Air Bridge, Belenggu, Menara Korek Api, dan Balance Log. Setiap permainan mengkondisikan para siswa utnuk mengembangkan kecakapan sosial-emosionalnya seperti kerja sama tim, keberanian, ketangkasan, kecerdasan, dan kepercayaan terhadap rekan setim.

Koordinator acara outbond, Yunita Ika Sari Budiyati menjelaskan, siswa-siswa SMP IT Masjid Syuhada memiliki berbagai potensi kecerdasan seperti potensi kecerdasan kinestetik, kecerdasan visual-spasial, sikap kritis, dan ketangkasan nalar. Kecerdasan-kecerdasan itu menurutnya, membutuhkan ruang aktualisasi tersendiri yang mana dalam hal ini bisa dikembangkan melalui kegiatan outbond tersebut.

Selain itu, kegiatan outbond juga ditujukan agar siswa dapat lebih menghormati dan menghargai orang lain, melatih tanggung jawab, melatih kerjasama, dan meningkatkan motivasi berkompetisi siswa secara positif.

Meski cuaca sedikit mendung, para siswa cukup antusias mengikuti kegiatan outbond. Sekitar pukul 13.00, kegiatan outbond telah selesai. Para peserta kemudian berkemas dan bersiap-siap kembali ke Yogyakarta.

Iklan
Categories: Kegiatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: