Tim Robotik SMPIT Masjid Syuhada Juara 3 Mini Robotic Contest 2017


img_20170203_112435

Tim Robotik SMPIT Masjid Syuhada berhasil meraih juara 3 dalam even Mini Robotic Contest yang diselenggarakan di Gedung Phytagoras Hall, Kompleks Taman Pintar Yogyakarta (3/2). Kontes tersebut merupakan agenda penutup dari rangkaian kegiatan workshop robotik Taman Pintar yang bekerjasama dengan Macquaire University dari Australia.

Sepekan sebelumnya (26/1), SMP IT Masjid Syuhada mengirimkan 15 perwakilan siswa untuk mengikuti workshop tersebut. Dalam workshop tersebut, para siswa mendapat pengetahuan baru tentang pemrogaman robot sederhana dengan menggunakan Edisondan Raspberry Pi. Dari kegiatan workshop tersebut, dipilihlah 3 orang siswa untuk maju dalam kontes robotik yang digelar pada Jumat (3/2) sepekan kemudian. Ketiga siswa tersebut yaitu:  Bintang Sembodo A. (VIII B), Haidar Hakim (VIII A), dan Prito Wijaya (VII A).

img_20170203_103812

Tim Robotik SMPIT Masjid Syuhada

Kontes robotik kali ini dibagi dalam tiga babak, yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Masing-masing babak dilaksanakan dalam 2 ronde. Di babak penyisihan ini, tim robotik SMPIT Masjid Syuhada berada satu grup dengan tim robotik SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sempat tercecer di ronde pertama, tim robotik SMPIT Masjid Syuhada berhasil membalikkan keadaan dan meraih 190 poin yang meloloskan mereka ke babak semifinal.

Di babak semifinal, persaingan antar tim berlangsung lebih ketat. Bintang Sembodo dan kawan-kawan mendapat perlawanan sengit dari tim robotik SMPN 13 dan SMPN 6 Yogyakarta. Dua sekolah tersebut memang memiliki reputasi apik dalam kontes robotik. Meski begitu tim robotik SMPIT Masjid Syuhada tidak gentar. Setelah melalui pertandingan dua ronde, tim robotik SMPIT Masjid Syuhada berhasil lolos ke babak final setelah meraih 340 poin—hanya berselisih 20 poin di bawah tim robotik SMP Negeri 13 Yogyakarta.

Menginjak babak final, persaingan antar tim semakin sengit. Kali ini, tim robotik SMPIT Masjid Syuhada  harus kembali melewati hadangan tim robotik SMPN 13 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Seperti babak-babak sebelumnya, pertandingan juga diadakan dalam dua ronde. Pada ronde pertama, tim robotik SMPIT Masjid Syuhada mampu mengimbangi permainan lawan-lawannya. Namun di awal ronde kedua, terjadi insiden kecil yang mengakibatkan salah satu lengan robot SMPIT Masjid Syuhada terlepas.

robotik-crashed-1

Insiden yang membuat salah satu “lengan” robot SMP IT Masjid Syuhada terlepas

robotik-crashed-2

Kondisi robot Tim SMPIT Masjid Syuhada setelah komponen “lengan”-nya terlepas

Setelah insiden tersebut, stabilitas dan daya dorong robot SMPIT Masjid Syuhada terganggu. Robot SMPIT Masjid Syuhada tidak mampu menambah poin di sisa waktu ronde kedua. Perolehan poin mereka harus terhenti di angka 280. Di sisi lain, SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta berhasil meraih 380 poin. Sementara SMPN 13 Yogyakarta meraih 410 poin. Tim robotik SMPIT Masjid Syuhada pun harus puas dengan raihan juara 3.

Meski gagal meraih juara 1, perjuangan Bintang, Hakim, dan Prito pantas mendapat apresiasi. Bagaimanapun mereka telah berhasil menyuguhkan perlawanan sengit kepada tim robotik SMP Negeri 13 Yogyakarta yang notabene lebih diunggulkan dalam setiap kontes robotik. Semoga tim robotik SMPIT Masjid Syuhada bisa lebih berprestasi pada kontes-kontes berikutnya.

img_20170203_111805

Tim Robotik SMPIT Masjid Syuhada sukses meraih juara 3 dalam Mini Robotic Contest Taman Pintar Tahun 2017

Iklan
Categories: Prestasi | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: