Malam Taqarrub SMP IT Masjid Syuhada Mantapkan Siswa Kelas 9 Hadapi UNBK 2017


malam taqarub 00Dalam perjalanan hidup ini, sesungguhnya manusia amat bergantung pada Allah SWT. Karena itu, tidak ada alasan bagi manusia untuk bersikap sungkan apalagi enggan meminta pertolongan pada Penciptanya. Allah adalah Dzat yang menguasai segala sesuatu. Sebagai umat Islam, kita pun disyariatkan untuk senantiasa berdoa, memohon ampun kepada Allah SWT, berikhtiar dan bertawakal demi mencapai segala cita-cita.

Demikian salah satu isi tausiyah yang dibawakan oleh Ustadz Ismail di hadapan para siswa kelas 9 SMP IT Masjid Syuhada dalam acara malam taqarrub dan doa bersama jelang Ujian Nasional 2017 (Sabtu, 29/4). Malam taqarrub merupakan agenda tahunan SMP IT Masjid Syuhada yang dikhususkan untuk siswa kelas 9, sebagai bentuk dukungan moril agar para siswa lebih mantap menghadapi Ujian Nasional. Acara tersebut dilangsungkan di ruang utama kompleks Masjid Syuhada. Dalam acara tersebut, para orangtua siswa juga turut berpartisipasi mendampingi putra-putrinya.

Malam taqarrub sendiri merupakan lanjutan dari program kegiatan tim sukses UNBK 2017. Sebelumnya, para siswa sudah mengikuti kegiatan pendalaman materi intensif (PIJAR) di Kaliurang selama 3 hari, mulai dari Rabu-Jumat (26-28 April 2017).

Acara malam taqarrub dimulai dengan sholat Isya berjamaah, yang dilanjutkan dengan pengarahan dan pembukaan yang dipandu oleh Bapak Arif Taba Nasuha. Pada kesempatan kali ini, kepala SMP IT Masjid Syuhada, Bapak Dwi Purnomo, dalam sambutannya mengutarakan beberapa hal teknis terkait pelaksanaan Ujian Nasional. Tahun ini, Ujian Nasional diselenggarakan dengan sistem berbasis komputer (UNBK) dan dilaksanakan pada tanggal 2, 3, 4, dan 8 Mei 2017. Bapak Dwi Purnomo berpesan pada segenap siswa untuk tetap semangat belajar dan berupaya meraih hasil terbaik, dengan tetap bertawakal memasrahkan hasil akhir pada Allah SWT.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan sholat hajat berjama’ah yang diimami oleh Ustadz Ismail. Seusai sholat, Ustadz Ismail memberikan tausiyah di hadapan para siswa, guru, dan orangtua siswa. Pada saat pemberian tausiyah, para siswa tampak antusias menyimak tiap-tiap nasehat dan kata-kata motivasi dari Ustadz Ismail. Ustadz Ismail berpesan agar kita tidak pernah ragu untuk meminta pertolongan pada Allah SWT. Betapapun banyaknya permintaan kita, jika Allah berkenan, maka akan dikabulkan. Karena itu, kita diperintahkan untuk memperbanyak istighfar, memohon ampun kepada Allah, serta memohon maaf kepada orang lain, terkhusus pada kedua orangtua kita.

Ustadz Ismail juga menegaskan pentingnya berdoa di sepertiga malam terakhir sebagai salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Pada waktu itu, Allah SWT turun ke bumi, dan sebagaimana diungkapkan dalam hadis barangsiapa yang berdoa memohon kepada Allah pada saat itu, maka permohonannya akan diperkenankan. Begitu pula jika kita meminta ampunan pada Allah di sepertiga malam terakhir, maka dosa-dosa kita insya Allah akan diampuni-Nya. Tak lupa, Ustadz Ismail juga mengulang-ulang kalimat-kalimat motivasi, khususnya unutk siswa kelas 9 agar selalu gigih dalam berikhtiar dan bertawakal kepada Allah SWT.

malam taqarub 1

Setelah tausiyah, para siswa kelas 9 mendatangi orangtua masing-masing untuk meminta maaf dan doa restu demi kelancaran ujian. Selain orangtua, para siswa juga meminta maaf serta mohon doa restu pada segenap Bapak/Ibu guru yang hadir di acara tersebut. Pada sesi ini, suasana malam taqarrub berubah menjadi haru. Beberapa siswa tampak menitikkan air mata saat meminta maaf dan meminta doa restu dari kedua orangtua serta Bapak/Ibu guru. Sebagian siswa putri juga tampak emosional sambil berpelukan erat dengan rekan sebayanya mengingat UNBK merupakan ujian terakhir bagi mereka setelah kurang lebih 3 tahun bersama-sama menempuh proses pembelajaran di SMP IT Masjid Syuhada.

Bagi para siswa kelas 9, UNBK tidak hanya sekedar alat pengukur prestasi belajar dan standar kelulusan. Lebih dari itu, UNBK juga turut berpengaruh pada prospek jenjang sekolah berikutnya. Tentu saja para siswa sangat berharap bisa meraih nilai yang maksimal sehingga memperbesar peluang mereka untuk diterima di SMA/SMK impiannya. Karena itu, dukungan moril dari para orangtua dan segenap guru dalam acara malam taqarrub ini dirasa sangat penting untuk mendongkrak semangat, motivasi, optimisme, serta kepercayaan diri para siswa.

Semoga UNBK tahun 2017 dapat berjalan dengan lancar. Dan terkhusus pada siswa kelas 9, semoga kalian semua dapat mengikuti UNBK dengan baik, lancar, dan sukses meraih hasil yang memuaskan untuk kemudian diterima di SMA/SMK favorit yang kalian idam-idamkan. Allahumma aamiin…

malam taqarub 2

Iklan
Categories: Kegiatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: