Field Trip SMP IT Masjid Syuhada di Kompleks Tebing Breksi


Pada dasarnya, cakupan sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran sangat luas. Sumber belajar tidak hanya terangkum dalam buku-buku tekstual, melainkan juga lingkungan di sekitar kita. Luasnya sumber belajar yang berasal dari lingkungan sekitar mengharuskan kegiatan pembelajaran dikemas secara lebih kontekstual sehingga peserta didik dapat lebih memahami dan mengkaitkan materi belajar dengan kondisi di lingkungan sekitarnya. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengakomodasi hal tersebut adalah melalui pembelajaran di luar kelas.

Selasa 26 Februari 2018 kemarin, SMP IT Masjid Syuhada mengadakan kegiatan pembelajaran di luar kelas (field trip) dengan destinasi kawasan wisata Tebing Breksi, di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Kegiatan tersebut diikuti oleh segenap siswa kelas VII dan kelas VIII.

Kawasan Tebing Breksi dipilih karena objek tersebut memiliki kekayaan informasi yang bisa dikaji dari berbagai bidang keilmuan. Apalagi, sebelum dikembangkan menjadi kawasan wisata, kawasan tesebut merupakan kompleks pertambangan. Dinamika perubahan dari komplek pertambangan menjadi kompleks wisata di Tebing Breksi ini mengakibatkan berbagai perubahan di masyarakat seperti perubahan sosial budaya, perubahan tata ruang, serta perubahan penggunaan lahan. Hal itulah yang membuat kompleks Tebing Breksi ini menarik untuk dikaji secara lebih mendalam.

Selama mengikuti field trip, para siswa diberi tugas untuk mengumpulkan informasi secara langsung tentang seluk-beluk kawasan Tebing Breksi untuk kemudian dipakai sebagai bahan mengerjakan lembar kerja siswa. Untuk siswa kelas VII, lembar kerja siswa lebih berfokus pada kajian IPS, sedangkan lembar kerja siswa kelas VIII lebih berfokus pada kajian Bahasa Indonesia.

Meski cuaca di lokasi Tebing Breksi cukup terik, para siswa tetap antusias mengikuti rangkaian kegiatan di sana. Seorang pemandu wisata membersamai para siswa selama mengikuti kegiatan field trip tersebut. Dari pemandu wisata inilah para siswa dapat bertanya atau mengumpulkan informasi lebih jauh tentang kawasan wisata Tebing Breksi.

Kegiatan field trip ini berlangsung hingga tengah hari, sekitar pukul 13.00. Setelahnya, para siswa SMP IT Masjid Syuhada tiba kembali ke sekolah pukul 14.00.

Iklan
Categories: Kegiatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: