GLS #9: Belajar Membuat Kreasi Kaligrafi


IMG_20200207_153643 GLS #9

Sebagai rangkaian kegiatan GLS (Gerakan Literasi Syuhada), Jumat 7 Februari 2020 lalu, Tim Literasi SMP IT Masjid Syuhada mengagendakan kegiatan membuat karya seni kaligrafi bagi para peserta didik.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Ustadz Ihsan Febriyanto sebagai guru pendamping di kelas yang memaparkan cara membuat kaligrafi dengan teknik Khot Diwan dan Nasikh. Peserta didik dibebaskan untuk menyediakan sendiri perlengkapan membuat kaligrafi, seperti pensil, spidol, kertas, dan pewarna. Peserta didik cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Hasil karya kaligrafi peserta didik yang telah selesai dibuat, dikumpulkan dan sebagian didokumentasikan untuk “memorabilia” tim literasi. Kegiatan ini dimulai sejak jam pertama hingga pukul 08.00.

Kaligrafi sendiri merupakan salah satu cabang seni islami. Perkembangannya sendiri cukup pesat dan terus eksis dalam khasanah dekorasi bangunan-bangunan Islam maupun tambahan ornamen visual dalam karya literasi muslim. Kaligrafi juga menjadi salah satu cabang lomba islami yang secara rutin diagendakan setiap tahunnya. Karena itu, kesenian kaligrafi perlu dilestarikan dan dikembangkan dalam khasanah pembelajaran peserta didik muslim pada umumnya.

Categories: Kegiatan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: